Unordered List


SEJARAH BLOG DI INDONESIA

Sejarah Blog di Indonesia

blog adalah enda nasution pengertian blog


Di Indonesia sendiri, blog mulai dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Blog”. Berkat inisiatifnya mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa Indonesia menyebutnya sebagai Bapak Blogger Indonesia, The Jakarta Post adalah salah satunya.
Kiprahnya memperkenalkan blog kepada masyarakat Indonesia tidak hanya berhenti di postingan “Apa Itu Blog?”. Enda juga aktif berbicara di berbagai media untuk memperkenalkan apa itu blog dan kebebasan berbicara.
Enda juga memprakarsai Pesta Blogger yang pertama kali diadakan pada 27 Oktober 2007 Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga bekerja sama dengan perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.
Di Pesta Blogger pertama tersebut Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional di sambutan pembukaan acara. Sampai saat ini 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional dan dirayakan oleh para blogger di berbagai daerah.  
Pada tahun 2015, Antara melaporkan terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.

Posting Komentar

0 Komentar